xNUCare-Lazisnu

Bolehkah Mengundang Khatib dari Luar Kampung?

waktu baca 2 menit
Selasa, 17 Jan 2023 1221 LBM NU

Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuhu,

Eramulti Computer

Saya mau bertanya tentang pelaksanaan shalat jumat yang khatibnya dari luar kampung atau luar daerah, sebab saya pernah mendengar katanya tidak sah, sedangkan di masjid kami sering mendatangkan khatib dari luar kampung. Mohon jawabannya Ustadz, terima kasih.

(Jamaah Masjid Al-Furqon Trans Bangun Sambaliung)

JAWABAN

Gedung PCNU Berau

Wa’alaikumussalaam Warahmatullaahi Wabarakaatuhu,

Penanya NU Media yang budiman. Semoga Allah Subhanahu WaTa’ala senantiasa mencurahkan rahmatNya untuk kita semua, aamiin.

Masalah ini memang terjadi khilaf di dalam Madzhab Syafi’i, ada yang mensahkan dan ada yang tidak mensahkan.  Pendapat pertama (yang mensahkan) merupakan pendapat al-adhhar (lebih utama dan kuat) dan pendapat yang kedua (tidak sah) merupakan pendapat yang marjuh (tidak kuat).

Dalam Madzhab Syafi’i, shalat jumat dapat dikatakan sah apabila bilangan jamaahnya sempurna, yaitu minimal 40 mutawattin atau mustautin (penduduk setempat). Maka berdasarkan pendapat pertama, sah menjadikan orang dari luar kampung atau musafir sebagai imam dan khatib dengan syarat jamaah mutawattin atau mustautin telah mencapai 40 orang (di luar imam). Sebagaimana dijelaskan Syekh al-Khathib al-Syarbini dalam kitab Mughni al-Muhtaj, juz 1, halaman 284),

وتصح : الجمعة (خلف العبد والصبي والمسافر في الأظهر) أي خلف كل منهم (إذا تم العدد بغيره) لصحتها منهم كما في سائرالصلوات وإن لم تلزمهم والعدد قد وجد بصفة الكمال وجمعة الإمام صحيحة والاقتداء بمن لا تجب عليه تلك الصلاة فيها جائز. والثاني لا تصح لأن الإمام ركن في صحة هذه الصلاة فاشترط فيه الكمال كالأربعين، بل أولى إلى -أن قال- أما إذا تم العدد بواحد ممن ذكر فلا تصح جزما

Perbedaan pendapat ini muncul disebabkan khatib dari luar kampung tidak bermukim di tempat dilaksanakan shalat jumat sehingga tidak dikategorikan mutawattin atau mustautin. Ia tetap wajib shalat jumat namun tidak dihitung sebagai ahli jumat. Sebagaimana dijelaskan oleh Imam As-Suyuti dalam kitab Al-Asybah Wan Nadzo’ir,

الأشباه والنظائر للسيوطي (ص: 442)

 ضابط الناس في الجمعة أقسام الأول من تلزمه وتنعقد به وهو كل ذكر صحيح مقيم متوطن مسلم بالغ عاقل حر لا عذر له الثاني من لا تلزمه ولا تنعقد به ولكن تصح منه وهم العبد والمرأة والخنثى والصبي والمسافر الثالث من تلزمه ولا تنعقد به وذلك اثنان من داره خارج البلد وسمع النداء ومن زادت إقامته على أربعة أيام وهو على نية السفر الرابع من لا تلزمه وتنعقد به وهو المعذور بالأعذار السابقة

Dari dua penjelasan di atas dapat ditarik pemahaman bahwa sah menjadikan orang dari luar kampung atau musafir sebagai imam dan khatib meskipun ia tidak dihitung ahli jumat dengan ketentuan jamaah yang bermukim di tempat dilaksanakannya shalat jumat sudah berjumlah 40 selain imam dan khatib tersebut. Begitu juga tetap sah shalat di belakangnya sebagaimana shalat-shalat selain jumat.

Wallaahu a’lamu binafsil amri wa haqiiqatil haal.

(Mujawib: Ustadz Sahrul Anam, S.Pd.I. – Ketua Lembaga Bahtsul Masail PCNU Berau)

xNUCare-Lazisnu